Catatan Kuliah

November 30, 2009

Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi

Filed under: Pengantar Ikom — viacheria @ 11:21 am

Teknologi komunikasi telah dimulai sejak zaman dahulu. Mulai dari diciptakannya mesin cetak, pesawat telepon, hingga internet. Teknologi tersebut terus dikembangkan oleh para ilmuwan dan akan terus terjadi inovasi-inovasi baru. Teknologi komunikasi bukan hanya memberikan dampak di bidang ilmu pengetahuan, tapi juga di bidang komunikasi. Berikut ini sejarah dan dampak-dampak yang ditimbulkan sejak ditemukannya mesin cetak hingga internet.

Mesin cetak

Pada tahun 175 M ditemukan mesin cetak sederhana di Cina. Mesin ini dibuat dengan menggunakan kayu dan perunggu. Dimana cara pencetakannya adalah dengan membubuhkan tinta pada secarik kertas kemudian digosok dengan tongkat bambu.

Pada tahun 1440, Johannes Gutenberg yang berasal dari Jerman menciptakan sebuah mesin cetak yang lebih canggih. Teknik pencetakan dilakukan dengan metode pengecoran potongan-potongan huruf diatas campuran logam yang  terbuat dari timah. Perkembangan mesin cetak ini didorong oleh meningkatnya permintaan penurunan harga buku oleh masyarakat Eropa. Mesin cetak ini bertahan selama 500 tahun.

Meskipun sebelumnya mesin cetak terlebih dahulu telah digunakan di kawasan Asia Timur yakni Cina dan Korea, namun dampak yang ditimbulkan tidaklah sebesar mesin cetak di kawasan Eropa. Dampak-dampak perkembangan mesin cetak antara lain:

  1. Para ilmuwan dapat dengan mudah menjelaskan hasil penemuan mereka, dapat mengabadikannya,  dan dapat disebarluaskan kepada masyarakat.
  2. Hak-hak pengarang menjadi lebih terjamin, dimana setiap karya seseorang dapat dibukukan dan dijelaskan pengarangnya. Hal ini memungkinkan penulis lain untuk menyebutkan referensi, yakni darimana dan dari siapa ia mendapatkan informasi.
  3. Dikembangkannya mesin cetak di Jerman meningkatkan kemampuan melek huruf pada masyarakat Eropa.
  4. Sejak dikembangkannya mesin cetak di kawasan Eropa, dicetuskanlah UU hak cipta pertama yang digunakan untuk melindungi hak cipta dan karya seseorang.
  5. Kata-kata yang dicetak membantu menyeragamkan tatanan bahasa yang ada dalam masyarakat, yang mana menjadi salah satu sebab kenaikan nasionalisme di kawasan Eropa.

Surat kabar

Sejarah surat kabar dimulai pada masa romawi kuno. Pada saat itu di terbitkan “Acra Diuma”, yakni catatan kegiatan sehari-hari yang diterbitkan dalam bentuk gulungan. Perkembangan mesin cetak di Eropa kemudian ikut mempengaruhi perkembangan surat kabar, sehingga pencetakan dan penggadaan surat kabar menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Pencetakan surat kabar pertama terjadi pada awal abad ke-19 di Eropa. Kemunculan dan perkembangan koran antara lain menimbulkan dampak:

  1. Informasi dapat disebar luaskan dengan mudah kepada masyarakat.
  2. Informasi dapat diabadikan dalam bentuk media cetak.
  3. Masyarakat dapat saling bertukar informasi lewat  surat kabar.
  4. Provokasi dan propaganda menjadi semakin mudah dilakukan.

Telepon

Pada tahun 1871 Natonio Meucci menemukan sound telegraph, yang memungkinkan seseorang berkomunikasi dalam bentuk suara dengan perantara kabel. Kemudian pada tahun 1876 Alexander Graham Bell mengembangkannya menjadi sebuah pesawat telepon. Hingga saat ini, teknologi telepon terus dikembangkan oleh para ilmuwan. Dampak-dampak yang ditimbulkan antara lain:

  1. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung
  2. Menghubungkan masyarakat di seluruh dunia
  3. Komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat
  4. Mendorong berkembangnya teknologi baru

Radio

Radio ditemukan oleh seorang ilmuwan italia bernama Gaglieso Marconi pada tahun 1890. Ia menemukan metode transmisi suara tanpa bantuan kabel. Dengan menggunakan alat-alat yang diciptakan Hertz, ia meningkatkan jarak pancaran gelombang elektromagnetik dan mengisinya dengan informasi. Akhirnya, teknologi radio semakin dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat luas. Dampak-dampak yang ditimbulkan radio yaitu:

  1. Informasi dapat disebar luaskan secara audio
  2. Penyampaian informasi dapat dilakukan secara langsung saat kejadian
  3. Memicu perkembangan teknologi di dunia
  4. Masyarakat dapat berkomunikasi secara langsung lewat gelombang radio

Televisi

Penemuan televisi berawal dari penemuan gelombang elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday pada tahun 1831. Dimana penemuan tersebut merupakan awal dari era komunikasi eletronik. Temuan itu terus dikembangkan oleh para ilmuwan, hingga pada tahun 1940 telah berhasil diciptakan televisi berwarna dan penggunaan remote control. Dampak-dampak yang ditimbulkan dari perkembangan televisi antara lain:

  1. Penyampaian informasi dilakukan secara audio visual
  2. Informasi dapat ditayangkan dengan lebih menarik
  3. Menggeser kepopuleran radio dan surat kabar sebagai penyedia informasi
  4. Mendorong munculnya industri film di dunia
  5. Informasi dapat dilihat secara langsung saat kejadian

Internet

Pada awal tahun 1969, Departemen Pertahanan AS membangun sebuah proyek yang dikenal dengan ARPANET. Proyek tersebut digunakan untuk menghubungkan kota-kota yang ada di AS agar tidak terjadi pemusatan informasi, yang mana saat itu sedang terjadi PD II. Proyek tersebut terus dikembangkan, bukan hanya di bidang militer namun juga di pemerintahan, ekonomi, kesehatan,  dan pendidikan.  Akhirnya pada sekitar tahun 1990, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak jaringan komputer di seluruh dunia. Internet bukan hanya memberikan dampak positif, namun juga dampak negatif. Berikut dampak-dampaknya:

  1. Memperkuat fungsi surat kabar, radio dan televisi sebagai penyedia informasi
  2. Menghubungkan masyarakat di seluruh dunia dengan lebih efektif dan efisien
  3. Pengiriman dan pertukaran data dapat dilakukan dengan lebih cepat
  4. Dapat mencari informasi dengan lebih cepat dan lebih mudah
  5. Terjadinya penipuan dan pencemaran nama baik di dunia maya
  6. Terjadinya provokasi dan propaganda secara online

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi komunikasi bukan hanya memberikan dampak positif, namun juga dampak negatif bagi masyarakat. Sebagai pengguna teknologi tersebut, kita harus dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya, agar terhindar dari dampak-dampak negatif seperti yang disebutkan diatas.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: